Ubuntu is killing your HDD???

 

Wew, baru pagi ini buka net, langsung ngeliat berita yg shocking begete, katanya Ubuntu is killing your HDD….it’s that true ?? Setelah googling dikit, ngeliat forum, dll…ternyata begini ceritanya.

Jadi beritanya tuh, bug ini sudah mulai ada sejak Ubuntu Edgy, dan parahnya lagi sampai sekarang yaitu Gutsy Gibbon masih ada Bug nya, faktor perusaknya berasal dari power management untuk HDD tersebut terutama ini untuk “laptop”, untuk desktop sepertinya ga ada masalah.

Penyebabnya software power management untuk laptop di ubuntu “bekerja keras” untuk memastikan agar harddisk “dimatikan (diturunkan konsumsi dayanya)” di saat idle. Karena itu terjadi fluktuasi yang signifikan antara kondisi “standby” ke “full load”. Kalo dibiarkan memang bisa memperpendek usia pemakaian harddisk.

Salah satu pemecahanya antara lain :1) buat yang file namanya “99-hdd-spin-fix.sh”

2) isi file tsb dengan

#!/bin/shhdparm -B 255 /dev/sda (klo hdd-nya make PATA ganti dengan hda)

                3) copy ke 3 lokasi :

/etc/acpi/suspend.d/

/etc/acpi/resume.d/

/etc/acpi/start.d/

Link Solusinya disini

Jadi tidak perlu khawatir lagi….solved nih…

Indonesia Linux Conferencehttp://jogja.linux.or.id/ilc2007

One thought on “Ubuntu is killing your HDD???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s